Estetikapers

  • Photo
  • Story
  • Photo
  • Story
  • Photo

KRONOLOGI AKSI ALIANSI MAHASISWA UNM DALAM PERINGATI HARDIKNAS

Aliansi Mahasiswa UNM turun ke jalan untuk menggelar aksi dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di depan gedung Phinisi UNM, Minggu (2/5).

Aksi ini ditandai dengan adanya orasi mahasiswa dalam menyuarakan tuntutan “Stop Liberalisasi, Komersialisme, Privatisasi Pendidikan”.

Foto : Nurfitri Anugrah

 

Tidak hanya orasi, massa aksi juga melakukan pembakaran ban sebagai bentuk protes mahasiswa terhadap pendidikan yang dianggap belum tercapai tujuannya.

Foto : Nurfitri Anugrah

 

Namun tak lama kemudian, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR III) UNM, Sukardi Weda, datang dengan membawa selang air guna melarang adanya pembakaran ban pada aksi tersebut.

Foto : Nurfitri Anugrah

 

Selain WR III, terlihat juga Kepala Bagian (Kabag) Humas UNM turut andil mengimbau aliansi untuk membubarkan massa.

Foto : Nurfitri Anugrah

 

Setelah perdebatan panjang, aliansi diberi waktu selama lima menit untuk membubarkan massa, yaitu pukul 17.45-17.50. Hal ini dianggap sebagai intervensi dari birokrasi oleh massa aksi, karena membatasi dalam menyuarakan pendapat.

Foto : Nurfitri Anugrah

 

Aliansi Mahasiswa UNM memanfaatkan waktu tersebut dengan menyuarakan Sumpah Mahasiswa.

Foto : Nurfitri Anugrah

 

Usai menyuarakan Sumpah Mahasiswa, pada pukul 17.49 Wita, massa aksi berniat untuk menyampaikan pernyataan sikap. Namun, hal itu dibatasi oleh pihak kepolisian karena dianggap telah melewati batas waktu yang telah diberikan. Perseteruan pun terjadi, menyebabkan beberapa Mahasiswa diseret ke depan gedung Lamacca. Untungnya, mereka kembali dilepas.

Foto : Nurfitri Anugrah

 

Setelah kejadian menjadi ricuh karena adanya dorong-mendorong antar mahasiswa dan polisi, akhirnya aksi tersebut berakhir dengan terpaksa.

Foto : Nurfitri Anugrah

 

Konten ini dilindungi.